cara membuat tandu pramuka

Assalamualaikum, Wr. Wb...
SALAM PRAMUKA!


Baik teman2 yang budiman, kali ini kakak akan memaparkan sedikit ilmu kepramukaan terkait bagaimana membuat tandu pramuka yang baik dan benar, dan pastinya kuat untuk mengangkat teman kalian yang sedang kelelahan bahkan sakit saat berada pada misi penjelajahan.

oke, pertama-tama kakak akan memaparkan alat-alat yang kita butuhkan untuk membuat tandu pramuka tersebut. alat-alat tersebut adalah:
1. TONGKAT PRAMUKA
Kalian mungkin sudah sangat familiar dengan barang ini, karena di setiap kegiatan pramuka sudah sering kalian jumpai dan kalian gunakan. Tapi, di sisi lain atau di lain kesempatan saat kalian di hutan atau di tempat/waktu dimana kalian tidak membawa/mempunyai barang ini, kalian bisa memanfaatkan ranting/kayu pohon yang kuat dan lurus yang menyerupai bentuk tongkat pramuka untuk menggantikannya agar bisa digunakan sebagai TANDU PRAMUKA.
2. TALI PRAMUKA 
Berikutnya adalah TALI PRAMUKA, barang ini pun sering kalian jumpai dan mudah didapatkan di toko-toko atau kedai pramuka disekitar kalian. seorang pramuka biasanya memilikinya dan dibawa saat mereka hendak mengikuti latihan rutin dalam kepramukaan. bahkan ada gugus depan yang mewajibkan para anggota pramukanya untuk membawa 1 tali pramuka untuk setiap individu.
3. TEKNIK TALI-TEMALI
Dalam hal ini, kakak akan menggunakan dua simpul tali temali yang harus dikuasai oleh seorang anggota pramuka dan dua simpul ini bahkan sudah menjadi dasar dari teknik tali temali. 


Yang pertama adalah SIMPUL PANGKAL 


Yang kedua adalah SIMPUL JANGKAR
Baik, setelah semua alat-alat sudah kalian sediakan. Kita akan memulai ke tahap-tahap pembuatan dari TANDU itu sendiri. berikut langkahnya:
1. sejajarkan dua tongkat pramuka
2. buka dua tali pramuka sama panjang
3. ambil ujung tali pramuka pertama dan ikat di ujung tongkat pramuka dengan SIMPUL PANGKAL (jangan terlalu ujung, sisakan ruang untuk pegangan tangan)
4. lakukan langkah ketiga, untuk tali dan tongkat pramuka satunya.
 5. ikatkan tali dari tongkat pertama ke tongkat kedua dengan SIMPUL PANGKAL sejajar dengan posisi ikatan pangkal tongkat satunya sepanjang/selebar siku tangan kalian. Dan lakukan untuk tali satunya juga.
6. silangkan kedua tali agar masing-masing tali kembali ke tongkat dimana ujung tali tersebut terikat terakhir.
7. setelah tali tersilang, ikatkan masing-masing tali ke tongkat (kanan-kiri) dengan SIMPUL JANGKAR.
8. lakukan langkah 6 & 7 berulang hingga tali/ikatan mendekati ujung tongkat.
9. dan di akhir/ujung tongkat lakukan langkah 5 sekali lagi. (untuk menutup talian)
untuk mudahnya lihat video di bawah ini :
 





PRAMUKA SATUAN KARYA BHAYANGKARA

 

Komentar